Musyrik

Kaum Musyrikin adalah sekelompok orang dari kalangan umiyyin yang pola kehidupannya berdasarkan atas filsafat dan bukan kepada kitabullah yang ketika diseru kepada dinul Islam kemudian menolak.

Di sisi lain di kalangan muslim juga bisa berperilaku musyrik yang dapat dibedakan atas tiga hal yaitu:

         Musyrik mulkiyah, yaitu jika dia telah mengakui keimanan kepada Allah namun dia juga mentaati kedaulatan pemerintahan thaghut selain kedaulatan Allah.

         Musyrik rububiyah, bila dia mengakui adanya kekuatan lain selain Allah yang memberikan rezeki dan mendatangkan kekuatan atau meyakini adanya kekuatan yang dapat memberikan mudharat dan maslahat selain Allah.

         Musyrik Uluhiyah, bila dia mengabdi kepada selain din (aturan) Islam.

Ayat-ayat Allah yang berkaitan dengan adanya orang-orang yang berperilaku musyrik karena mencintai kepada selain Allah melebihi cintanya kepada Allah serta mengabdi kepada selain Allah, bukan ditujukan kepada orang di luar Islam tapi ditujukan kepada kaum mukminin.

Dengan demikian maka kita dapat bedakan pengertian musyrikin dan musyrik dalam pendekatan kelembagaan (asas formal sistem institusional) dan pendekatan tingkah laku (asas material yang berupa esensi iman). Dengan demikian maka kita bisa membedakan musyrikin dan musyrik sebagai berikut:

          Musyrikin adalah orang atau sekumpulan orang yang berasal dari golongan umiyin yang pola kehidupannya didasarkan atas filsafat dan bukan kepada kitabullah. Kaum ini ketika diseru kepada Din (lembaga/sistem) Islam kemudian menolak masuk din Islam. Orang ini batal pada asas formal.  Yang termasuk kelompok ini sebetulnya bukan orang yang menyembah berhala atau sembahan-sembahan lain.

          Musyrik adalah orang yang secara asas formal telah masuk ke dalam lembaga dienul Islam, namun perilaku kehidupannya seperti orang-orang musyrik sehingga mendapat predikat musyrik. Termasuk kedalam kelompok ini adalah orang mukmin yang mentaati kedaulatan thaghut  selain kedaulatan Allah swt. Atau Orang yang mengakui adanya sesuatu yang memberikan kekuatan atau memberi kemudharatan dan kemaslahatan selain Alloh. Maka orang tersebut batal pada asas material dan jatuh ke dalam musyrik rububiyah, dan jika ia mengabdi kepada aturan selain Islam maka jatuh ke dalam musyrik uluhiyah.

 Sikap terhadap musyrikin:

– Tidak boleh bersahabat                                    58.14

– Tidak boleh menikahi                                       2:221

– Dilarang masuk ke dalam masjid Allah              9.2

Beberapa tindakan kaum musyrikin:

          Menggangap malaikat sebagai anak perempuan Allah            17:40

          Menganggap Isa sebagai anak Allah                                     5.17, 5.72, 5.75

          Menganggap Uzair sebagai anak Allah                                             9.30 

Tag: ,

Satu Tanggapan to “Musyrik”

  1. agus Says:

    ass….
    saya ingin bertanya ? apakah ada larangan menikah di bulan2 trtentu menurut islam?…setahu saya si tidak ada bukan
    berhubung saya ingin menikah dan mempunyai kenda yg disebabkan karena bulan dan tanggal saya ingin melaksankan pernikan dilarang di karena hari itu tidak boleh menikah (pantangan tanggal dan bulan orang dlu) …saya udah brusaha untuk mnjelaskan ny bahwa di dalam islam tidak ada …dan saya tidak ingin saudara2 saya menjadi musrik karena prcaya itu …tapi mereka keras kepala dan ingin ttp pada pantangan orang dlu …
    saya harus gmna ? dan apakah saya mengikuti melaksanakan pernikahan menurut mereka …apakah saya tergolong orang musrik klo mengikuti mereka ? saya hanya percaya kepada allah ///
    makasih sebelumnya …tolong balas ny ke FB saya ags_otm@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: