Mereka Yang Terlempar ….

Oleh: Abdullah Muqorrobun

Pada satu acara Khasanah di TV Trans7 yang menayangkan kisah Musailamah al Kazab, nabi palsu di jaman khalifah Abu Bakar, saya dikejutkan informasi adanya seseorang yg pernah jadi sahabat Rasululullah saw yang berbalik murtad dan memusuhi Islam yaitu Ar-Rajjal bin Unfuwah.

Bagaimana hal ini bisa terjadi ? Ada baiknya kita simak untuk menjadi pelajaran agar kita selalu berhati-hati menjaga keimanan kita, jangan sampai syaithan menipu dalam perjalanan hidup kita.

Ar Rajjal awalnya adalah sahabat Nabi, yang membaca Al qur’an dan mengetahui ilmu ad-Dien.

Ketika Musailamah merangkul orang untuk mengakuinya sebagai nabi baru, ternyata banyak yang mengikutinya karena terpikat bicaranya dan berbagai iming2 duniawi.

Khalifah Abu Bakar mengutus ar Rajjal untuk mengajari penduduk Yamamah, agar mereka tidak disesatkan oleh Musailamah dan menggagalkan usaha Musailamah untuk diakui menjadi nabi.

Akan tetapi, Ar-Rajjal bin Unfuwah lalai dari tugasnya. Malahan dia menjadi pembela Musailamah Al Kadzab sebagai nabi palsu.

Ternyata, Rasulullah saw sudah mendapatkan isyarat dari Alllah tentang adanya sahabat yang menyeleweng ini. Dikisahkan bahwa abu Hurairah pernah berkata, “Suatu hari aku duduk di sisi Rasulullah bersama sekelompok orang. Tiba2 Nabi Saw bersabda,“Sesungguhnya di antara kalian ada seseorang yang gigi gerahamnya di neraka lebih besar dari Gunung Uhud.”

Semua yang hadir dalam majelis tersebut diliputi ketakutan terkena sabda Nabi Saw. Mereka takut kalau-dirinya yang dimaksud nabi mendapatkan su’ul khatimah.

Waktu terus berjalan, hingga akhirnya semua yang mendengar pembicaraan Rasulullah tersebut waktu itu telah menemui ajalnya dengan khusnul khatimah sebagai syuhada di medan perang. Tinggalah yang masih hidup hanya Abu Hurairah dan Rajjal bin ‘Unfuwah.

Abu Hurairah memperhatikan bahwa seluruh yang dulu hadir telah wafat, dan yang tinggal hanya dia dan Ar-Rajjal. Abu Hurairah sangat takut menjadi orang yang disebutkan oleh Nabi tersebut

Hingga akhirnya tabir itu terkuak dan jelaslah siapa yang celaka dan mendapat su’ul khatimah. Ternyata Rajjal yang keluar dari Islam karena bergabung mengakui nabi palsu Musailamah Al-Kadzab.

Keberadaan ar-Rajjal jauh lebih berbahaya daripada Masailamah. Ia telah menyalahgunakan keislaman semasa bersama Rasul di Madinah, hafalan Al Qurannya cukup banyak, hingga ditunjuk sebagai utusan Khalifah Abu Bakar.

Namun Semua itu disalahgunakan untuk mendukung Musailamah dan mengukuhkan kenabiannya yang palsu sehingga pengikut Musailamah semakin bertambah banyak disebabkan kebohongan-kebohongan Rajjal. Ar Rajjal bukan hanya murtad, tetapi juga pembohong, munafik dan oportunis. Ia murtad bukan karena meyakini kebenaran Musailamah, melainkan karena kemunafikan yang dan keuntungan yang ingin diraih.

Ar rajal sendiri kemudian terbunuh ketika khalifah Abu Bakar memerintahkan kaum muslimin utk menyerang Musailamah dan pasukannya.

Perang dengan Musailamah tersebut hrs dibayar dengan sangat mahal, karena banyak sekali sahabat nabi yg hafal Qu’an gugur dan syahid di medan perang.

Kejadian lain tentang peristiwa murtadnya seorang muslim terjadi saat penaklukan Baitul Maqdis. Seorang tentara Islam saat memasuki kota baitul maqdis matanya menangkap sosok wanita jelita di balik jendela.

Ia sangat terpesona dengan kecantikan sang gadis. Ia pun kemudian meminta sang gadis mau menikah dengannya. Sang gadis bersedia dinikahi asal ia mau menjadi Nasrani. Karena sudah terpikat cinta, maka iapun berikrar menjadi Nasrani. Namun apa hendak dikata, ketika dia dalam prosesi pernikahan, ternyata ia jatuh dari altar dan langsung meninggal.

Sang gadis tak sempat ia nikmati, aqidahpun melayang. Sungguh kerugian yang tak ada taranya.

Semoga jadi pelajaran agar kita selalu berhati-hati dalam hidup menjaga akidah. Karena syetan sangat lihai menggoda untuk menjerumuskan kita agar menjadi temannya di neraka.

Ya Muqallibal qulub, Tsabit qalbi alaa diinika …

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: