Renungan perjalanan Umroh

By Abu Idzni Al Budiman

Wahai makhluk kepercayaan dan kahlifah Allah dimuka bumi.. Engkau telah berpaling kepada harta, hawa nafsu, ketamakan dan kecurangan. Engkau telah terperosok ke dlm keadaan ketika Allah Yang Maha Besar belum meniupkan ruhNya ke dlm dirimu. Dimanakah ruh Allah itu sekarang ini..? Wahai manusia.. bangkitlah dari kemerosotan tsb. Bebaskanlah dirimu dr kebinasaan yg perlahan lahan ini. Tinggalkanlah kampung halamanmu & pergilah ke tanah suci. Disana Engkau akan menghadap Allah Yang Maha Agung dibawah langit Masyar yg terang benderang. Disana keterpencilan dirimu akan hilang dan akhirnya engkau akan menemukan dirimu sendiri.
Wahai makhluk yg diciptakan dr tanah. Kalian mencari dan mengikuti ruh Allah, terimalah ajakanNya, tinggalkanlah kampung halaman kalian utk menemui Dia yg sedang menanti kedatangan kalian.
Prosesi umroh memiliki tahapan2 yg harus dilewati yaitu : miqat, thawaf, sholat di maqam Ibrahim dan Sai.
Mari kita bahas satu persatu makna dari tahapan itu semua….
1. Saat Miqat
Disini kita aka tanggalkan pakaian keseharian kita lalu diganti dgn pakaian umroh, sehelai kain putih yg sederhana. Kita saksikan keseragaman yg terjadi ibarat partikel yg akan mengikuti massa.
Janganlah tinggi hati karena disini bukan utk mengunjungi seorang manusia tapi berendah dirilah krn kita hendak mengunjungi Allah.
Di dalam perjalanan menuju Allah seorang individu bukan hanya sekadar menjadi manusia tetapi ia harus menjadi manusia sebagaimana seharusnya.
“Dan Allah adalah tujuan perjalanan” QS.24:42
Sebelum memasuki miqat.. kita hrs menyatakan niat meninggalkan rumah utk menuju rumah umat manusia, meninggalkan hidup utk memperoleh cinta, meninggalkan keakuan utk berserah diri kpd Allah, meninggalkan penghambaan utk memperoleh kemerdekaan, meninggalkan hidup sehari hari utk memperoleh kehidupan abadi dan meninggalkan sikap mementingkan diri sendiri dan hidup tak berarah tujuan utk menjalani kehidupan yg penuh bakti dan tanggung jawab.
To be continued…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: