BISMILLAH

By abu miftah al fauzan
Kata atau ucapan yg harus diucapkan oleh seorang muslim yg pertama dalam mengawali hidup ini adalah bismillah. Demikian pula ketika kita hendak mengerjakan suatu perbuatan semisal mau makan , minum, bekerja atau melakukan kegiatan apa saja maka awali lah dengan bismillah. Disini menunjukan, bahwa apa pun yg kita lakukan semata mata dalam rangka untuk atas nama Alloh, bukan untuk diri sehingga insya alloh bernilai ibadah.

Qs .al fatihah ayat1 ” Bismillahirohman nirohim ” Dengan menyebut nama Alloh yg maha pengasih lagi maha penyayang.

Setiap kata yg kita ucapkan sangatlah berpengaruh terhadap cara kita berpikir dan ” merasa”.

Bukan saja mempengaruhi kehidupan kita sendiri, melainkan juga kehidupan orang disekitar kita.

Orang yg mudah berubah ubah pembicaraannya menunjukan karakternya yg tidak stabil dalam berpikir dan merasa. Ia mudah terguncang dan mudah terbawa arus karena tidak mempunyai prinsip yg kukuh. Orang yg terlalu banyak bicara biasanya bersifat angkuh, sombong dan acuh tak acuhterhadap keadaan sekelilingnya.

Islam mengajarkan agar kita memulai setiap keadaan dengan ucapan yg baik. Dengan kata kata yg mampu menghadirkan situasi batin yg baik pula dalam menjalani kehidupan.Bahkan, begitu terbangun dari tidur, kita isi pikiran kita dan hati kita dengan harapan Allah akan memberikan kebaikan di hari yang kita jalani.

Bismillah, begitulah kalimat awal yg mesti terucap, agar tercipta keseimbangan batin dalam diri dari sana spirit hidup muncul. Terbukalah daya pikir dan rasa yang bersih, murni, dan selaras.

Nabi bersabda ” tidak akan lurus keyakinan( iman ) seseorang itu sehingga lurus hatinya tidak akan lurus hatinya sehingga lurus lisannya,” HR Ahmad.

Oleh karena itu mari kita membiasakan diri ,untuk mengucapkan bismillah, setiap kita melakukan suatu perbuatan, mudah mudahan apa y kita lakukan menjadi kebaikan dan amal sholeh

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: