Tiga amalan yg bisa menembus langit

By abu miftah al fauzan

Ikwan fillah

Alhamdulilah kita telah melakukan suatu perjalanan yg penuh hikmah melihat ciptaan Alloh bumi yg akan diwarisi kepada orang yg beriman. Sungguh beruntung orang yg bisa mengambil pelajaran dari setiap peristiwa yg terjadi dan sungguh beruntung orang yg bertambah keimanan nya . perjalanan yg sesungguhnya akan terjadi pada diri kita masing masing dimana dlm hidup kita akan banyak sekali tantangan yg harus kita hadapi dan kita lewati sebagai suatu ujian dari Alloh untuk menguji seberapa dalam keimanan kita.

 

Dlm menghadapi kehidupan, akan ada suka dan duka ada senyum ada tangis kadangkala dipuji. Tapi suatu saat kita dicaci jangan harap ada keabadian perjalanan hidup. Oleh sebab itu, agar bisa tegaar dlm menghadapi segala kemungkinan tantangan hidup, kita harus punya pegangan dan amalan yg bisa menembus langit.

  1. Istiqomah. Yaitu kokoh dlm akidah dan konsisten dlm ibadah. Begitu pentingnya istiqomah ini sampai nabi muhamad saw berpesan kpd seseorang seperti dlm hadis ” Dari abi supyan bin abdullah ra berkata ” wahai rosulluloh katakanlah kepadaku pesan dlm islam sehingga aku tidak bertanya kepada orangg lain selain engkou nabi menjawab, ‘ Katakanlah aku telah beriman kepada Alllah kemudian beristiqomahlah.’ HR.Muslim.

    Orang yg istiqomah selalu kokoh dlm akidahdan tidak goyang keimanan bersama dlm tantangan hidup.Sekalipun dihadapkan dlm persoalan hidup, ibadah tidak redup, kantong kering atau tebal tetap memperhatikan halal dan haram, dicaci dipuji, sujud pantang berhenti sekalipun dia mempunyai pasilitas kenikmatan ia tidak tergoda melakukan kemaksiatan. Orang itulah yg dipuji Allah Qs al fushsuilat 30 : ” Sesungguhnya orang orang yg mengatakanTuhan kami ialah Allah, kemudian mereka meneguhkan pendiriaan mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan ” Janganlan kamu merasa takut, dan jangan lah kamu merasa sedih, dan bergembirralah dengan syurga yang telah dihanjikan kepadamu.”

  2. Istikharah, selalu mohon petunjuk Allah dalam setiap langkah danpenuh pertimbangan dlm setiap keputusan. Setiap orang mempunyai kebesasan untuk berbicara dan melakukan suatu perbuatan akan tetapi menurut islam, tidaak ada kebebasan yyg tanpa batas, batas batas tersebut adalah aturaan aturan agama. Maka seorang muslim yg benar, selalu berpikir berkali kali sebelum melakukan tindakan atau mengucapkan sebuah ucapan serta ia selalu memoohon petunjuk kepada Allah. Rosul bersabda ” Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka berkatalah yg baik atau diamlah.” hr al bukhari.

    Kalau ucapan itu tidak baik apalagi menyakitkan orang lain, maka tahanlah jangan diucapkan sekalipun menahan ucapan ittu terasa sakit tapi ucapan itu. Benar dan baik maka katakanlah jangan ditahan sebab lidah kita menjadi lemas. Untuk bisa meneriaki kebenaran dan keadilan serta menegakan amar marup nahi munkar. malaikat jibril pernah dattang kepada nabi saw untuk memberikan rambu raambu kehidupan. Beliau bersabda: yg artinya ; Jibril telah datang kepadaku ; Hai Muhamad hiduplah seesukamu,, tapi sesungguhnyya engkoou suatu saat akan mati, cintailah apa yg engkau sukai tapi engkau suatu saat pasti berrpisah dan lakukanlah apa yg engkou inginkan semuanya ada baalasannya,  Hr. Baihaqi

  3. Istigghfar, yaitu selalu instrropeksi diri dan mohon ampunnan kepada Allah. Setiap orang pernah melakukan kesalahan, setiap kesalahan dosa itu sebenarnya penyakit yg merusak kehidupan kita oleh karena itu harus. diobati tidak sedikit persoalan besar yg kita hadapi diakibatkan kesalahan kita sendiri saatnya kita instropeksi masa lalu. Dengan memohon ampun kepadanya qs. Hud 52.

    Allah berpirman yg mengisahkan seruan kepada nabi hud kepadda kaumnya ” dan Hud berkata hai kaumku, mohonlah ampun kepada tuhanmu lalu bertobatlah kepadaNya niscaya dia menurunkan hujan yg sangat derras atasmu, dan dia akan menambahkan kekuatan diatas kekuatan mu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat kefasikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: